22 Januari 2019 09:06:19
Ditulis oleh Admin

Monitoring dan Pembinaan Dispersip Tuban di Desa Sandingrowo

Sandingrowo , Kemarin Rabu 07 Nopember 2018  desa kami kedatangan tim supervisi, pembinaan dan monitoring tata kearsipan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban.

Kabag Kearsipan Tuban Ibu Sri Wigatin Menjelaskan Pengelolaan arsip yang dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada akan yang ada akan menghadirkan kemanfaatan besar bagi organisasi pemerintah desa. Ketersediaan arsip secara utuh, otentik, dan terpecaya pada lembaga akan memberikan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi utamanya untuk kemanfaatan pelayanan publik serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lain. Pada kenyataannya dilapangan, arsip ini belum dikelola secara optimal. Padahal arsip ini sangat penting. Ada beberapa faktor mengapa arsip kurang diperhatikan karena Sumber Daya Manusia kurang peduli terhadap pentingnya arsip. Dalam pembinaan ini kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban diutus Bapak Bupati untuk membimbing Desa Desa untuk kecamatan soko diwakili oleh 3 Desa yaitu Desa Rahayu, Sandingrowo dan Sumurcinde. Dalam Pengelolaan Arsip Desa ini kita akan belajar bagiamana merawat, menyimpan arsip?Sehingga apabila arsip dibutuhkan sewaktu waktu kita bisa mencarinya dalam waktu 3 menit, tidak lagi cara lama dengan membongkar – bongkar arsip. Pemerintah Desa hendaknya perlu menganggarkan khusus dibidang kearsipan.

Dalam penataan arsip kemarin kami dibina dalam penataan kearsipan kependudukan, keuangan,ekspedisi,dll. Dari sini kami belajar bagaimana menata arsip yang sesuai kaidah dan merawat arsip. Setalah diakan pembinaan kearsipan terhadap desa kami terdorong untuk melakukan kearsipan yang benar demi mengikuti lomba arsip desa 2019. (LatePost/Al)


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus