16 Januari 2020 09:21:15
Ditulis oleh DEBY AULIL ALBAB

Lampaui Target RKM, KKM TR Resmi Berakhir

Sandingrowo, Januari 2020

Pada tanggal 15 Januari 2020, Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Tahun 2019 di Desa Sandingrowo telah berakhir. Melalui Kegiatan Uji Fungsi yang di hadiri oleh DPMU (District Project Management Unit) Dinas PRKP Kab. Tuban, TFM (Tim Fasilitator Masyarakat), dan Fasilitator Senior berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Rombongan tiba di Balai Desa Sandingrowo sekitar pukul 09.45 WIB, setelah dilakukan pengecekan administrasi dan pelaporan kegiatan dilanjutkan dengan uji fungsi di Lokasi atau titik terjauh Pipa Distribusi Pamsimas dengan Receivoir/Tandon Air yaitu di RT 03/01 tepatnya rumah bapak Sukiman. Alhasil, Air mengalir dengan lancar sesuai dengan standarisasi PDAM pada umumnya dan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Kegiatan ini adalah kegiatan tindak lanjut dari Monitoring dan Evaluasi Program Pamsimas pada bulan Oktober 2019 lalu.

Adapun tujuan Program Pamsimas ini adalah untuk meningkatkan fasilitasi air bersih kepada masyarakat, dengan harapan masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Seperti diketahui bersama bahwa pada tahun 2019 Desa Sandingrowo mendapatkan bantuan Dana sektoral dari APBD Kab. Tuban TA 2019/PROAMANAH (Program Air Masuk Rumah) berupa Receivoir, Mesin Pompa, Pipa Distribusi dan SR (Sambungan Rumah) Gratis dengan mekanisme pengerjaan Kontraktual. Sedangkan Pamsimas III merupakan Dana yang bersumber dari APBN TA 2019 dengan pengerjaan Swakelola Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) "Tirto Rowo" yang di bentuk dalam Musyawarah Desa pada bulan September 2018.

Dihubungi secara terpisah, Bapak Masyhur selaku Koordinator KKM Tirto Rowo mengatakan Setelah hampir satu tahun lebih prosesnya akhirnya rampung juga, dan alkhamdulillah dari RKM (Rencana Kerja Masyarakat) 180 SR semua sudah terpasang dan mancur semua, Update terakhir 185 SR Pamsimas ditambah SR APBD/Proamanah 28 SR total 213 SR sudah terpasang. Dari 5 Desa Dampingan di wilayah Tuban Selatan yang mendapat program pamsimas KKM Tirto Rowo berhasil menduduki urutan pertama dalam hal teknis pemasangan. Semua ini adalah kerja keras dari TIM baik KKM, Satlak, dan dukungan Penuh dari Pihak Pemerintah Desa serta kerja sama yang baik dari seluruh elemen masyarakat. Semoga bermanfaat dan kedepan semakin berkembang untuk kemajuan Desa. Selanjutnya untuk Pengelolaan dan Pelayanan Air Minum ini di serahkan kepada pengurus KPSPAMS/HIPPAM karena tugas KKM hanya sampai Pamsimas ini selesai. Imbuh nya.

Update Pemasangan SR Per 15 Januari 2020 (5 Desa Dampingan wilayah Tuban Selatan)

NO DESA RKM  SR TERPASANG
1 SANDINGROWO 180 185
2 NGREJENG 172 177
3 DAGANGAN 181 96
4 GUNUNGANYAR 159 59
5 PANDANWANGI 165 33

SUMBER : TFM (Tim Fasilitator Masyarakat)

#SantunAmanahNyamanDamaiIndahNrimanGemahRipah

#PEMDES,KKM TIRTOROWO, HIPPAM SANDINGTIRTO



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus