30 Maret 2020 13:51:28
Ditulis oleh DEBY AULIL ALBAB

Penyemprotan Disinfektan Ke Rumah Warga/Lingkungan. Pemdes Sanding Gerakkan RT dan RW

Pemdes Sandingrowo - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 08 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa yang diberlakukan untuk seluruh desa se Indonesia  Pemerintah Desa, BPD dan dengan Lembaga Kemasyarakatan Desa Sandingrowo menyelenggarakan musyawarah bersama pada hari sabtu, 28 Maret 2020 yang berlangsung di pendopo balai desa sandingrowo. Alhasil, pihak pemdes langsung bergerak cepat dalam penanganan pencegahan covid-19 yakni dengan melakukan penyemprotan Disinfektan secara serentak pada hari Ahad, 29 Maret 2020 ke seluruh wilayah se sandingrowo. Dalam rapat tersebut dibentuk Relawan Desa Tanggap Covid-19 yang terdiri dari : Ketua : Kepala Desa Sandingrowo (Muhir Hadi), Wakil Ketua : Ketua BPD (A. Bayakin, S. Ag), Anggota : Perangkat Desa, Anggota BPD, Ketua RW, Ketua RT, Bidan Desa, dan Tagana Desa, Mitra : Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Secara teknis Melalui Relawan/satgas yang telah dibentuk untuk segera menindaklanjuti pelaksanaan penyemprotan Disinfektan ke seluruh wilayah sandingrowo yang terdiri dari 3 dusun yaitu, Sundulan, Semanding dan Karangdowo. Pelaksanaan melibatkan RT dan RW setempat serta dibantu partisipan dari Tokoh masyarakat dan Pemuda. Untuk bahan akan segera kita siapkan meskipun sekarang sangat sulit untuk mendapatkannya, namun kami selaku pemerintah desa akan berusaha berjuang demi masyarakat karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Saya menghimbau kepada seluruh RW dan RT untuk mensosialisasikan kegiatan pencegahan dan tanggap Covid-19 ini kepada seluruh warga di sandingrowo tanpa terkecuali, baik itu apa yg dimaksud Covid-19 dan bagaimana cara mendeteksi dan melakukan tindakan sedini mungkin dalam hal penanggulangannya. Kemudian terkait dengan warga yang pulang kampung dari luar daerah apalagi kota besar yang termasuk dalam zona merah untuk segera dilakukan pendataan dan segera dilaporkan kepada kepala dusun masing-masing untuk diteruskan ke Bidan Desa atau Pemerintah Desa”. (Ucap Bapak Kepala Desa dalam sambutannya).

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pencegahan Covid-19 ini selain penyemprotan disinfektan, misalnya menerapkan pola hidup bersih masyarakat (PHBS) dengan menjaga kebersihan lingkungan, pola makan teratur dan olah raga, Cuci tangan pakai sabun (CTPS) sesering mungkin minimal 20 detik dengan air mengalir. Selain itu, menerapkan anjuran pemerintah dengan tidak keluyuran keluar rumah jika tidak sangat penting, physical distancing atau menghindari kontak fisik secara langsung baik dengan anggota keluarga dirumah maupun dengan orang lain.

 

#SantunAmanahNyamanDamaiIndahNrimanGemahripahROgojiWo

#PemdesSandingTanggapCovid-19

#DhatengGriyaMawon



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus