28 April 2020 14:15:15
Ditulis oleh DEBY AULIL ALBAB

Proses BLT - DD, BPD Sandingrowo Selenggarakan Musdes

(www.sandingrowo-soko.desa.id) - Pemerintah terus berupaya untuk mencarikan solusi terkait dampak covid-19 yang semakin hari semakin meluas. Tak ayal, Berdasarkan Permendesa No.6 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sandingrowo menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) Pembahasan dan Penetapan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2020 di pendopo balai desa sandingrowo hari ini Selasa, 28 April 2020. Dimana peraturan tersebut menitikberatkan kepada sasaran utama pemanfaat dan penerima BLT yaitu keluarga miskin yang belum tercover di Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) baik Pusat maupun Daerah.

Terundang adalah unsur lembaga kemasyarakatan desa yakni RT, RW, babinsa dan babinkamtibmas serta undangan tambahan yaitu Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19. Acara ini adalah acara tunggal terkait penetapan nama-nama penerima BLT-DD yang berbasis RT, dimana secara teknis melalui edaran yang ditujukan kepada seluruh ketua RT sebagai ujung tombak dalam penjaringan dan penggalian informasi yang didampingi oleh kepala dusun, perangkat desa terdekat dan anggota BPD di masing-masing wilayah se sandingrowo. untuk selanjutnya data dari masing-masing RT divalidasi dan di finalisasi dalam musdes tersebut.

Sementara itu, informasi yang kami himpun dari berbagai sumber terkait metode dan mekanisme perhitungan prosentase alokasi dana desa ada beberapa ketentuan "Desa dengan DD kurang dari 800 Juta alokasi BLT nya maksimal 25 persen, Desa dengan DD 800 Juta - 1,2 Milyar maksimal 30 persen, Sedangkan DD diatas 1,2 Milyar maksimal 35 persen. Adapun masa penyalurannya adalah selama tiga bulan di bulan April - Juni 2020 dengan besaran Rp. 600.000/keluarga.

Sebagai acara tambahan dalam Musdes adalah perkenalan Babinkamtibmas Sandingrowo yang baru Bapak IPDA Mugiyanto atau lebih akrab di panggil Pak Mugik, beliau menggantikan babinkamtibmas yang lama Bapak Budi yang berpindah tugas di Polres Tuban. Beliau Bertugas di Polsek Soko sebagai Kanit Reskrim sejak awal bulan april ini, dalam sambutan singkatnya "Beliau berpesan kepada undangan yang hadir untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bersama-sama, perhatian khusus kepada penanganan dan pencegahan covid-19, polri siap bahu membahu bersama masyarakat dalam memutus rantai penyebaran covid-19". Tegas bapak kelahiran Yogyakarta 14 Mei 1967 ini.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus