22 Mei 2020 20:09:45
Ditulis oleh DEBY AULIL ALBAB

Serahkan BLT DD, Kades Sandingrowo : Semoga Bermanfaat Untuk Menunjang Ekonomi Masyarakat

Sandingrowo - BLT DD atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap 1 mulai diserahkan kepada 140 penerima manfaat  di pendopo balai desa sandingrowo pada hari jumat (22/05/2020). Dana yang disalurkan adalah pencairan tahap 1 atau bulan April, untuk bulan Mei dan Juni akan segera menyusul.

Ketentuan dan mekanisme pendataan hingga pelaksanaan pemberian BLT DD tercantum dalam Peraturan Menteri Desa Nomor 6 Tahun 2020 yang diterbitkan 14 April. Peraturan tersebut mengubah Peraturan Menteri Desa Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2020. Pasal 8A dalam aturan itu menetapkan beberapa syarat penerima bantuan, seperti keluarga yang kehilangan mata pencarian atau pekerjaan, belum terdata menerima berbagai bantuan sosial, serta mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Sebelumnya, Menteri Desa dan PDTT juga menerbitkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Dalam peraturan tersebut alokasi bantuan langsung tunai untuk pagu dana desa yang kurang dari Rp 800 juta ditetapkan 25 persen dari dana desa. Alokasi untuk desa dengan pagu Rp 800 juta-1,2 miliar sebesar 30 persen. Adapun desa dengan pagu di atas Rp 1,2 miliar mendapat alokasi 35 persen. Skema ini bisa dikembangkan lebih dari 35 persen apabila dibutuhkan dengan persetujuan pemerintah di daerah.

Dalam sambutan pengantar Bapak Kepala Desa Sandingrowo (Muhir Hadi) berpesan kepada seluruh penerima manfaat untuk menggunakan dana BLT DD ini dengan sebaik-baiknya guna menunjang ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19. "Jangan ikut-ikutan seperti yang viral di media sosial, ketika dana cair dibagikan kemudian pergi ke toko atau pusat perbelanjaan, borong baju dan lain-lain". (sambil tertawa ramah beliau menyampaikan).

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin". meskipun ditengah keadaaan pagebluk corona seperti sekarang ini tetap jalin ukhuwah islamiyah, silaturahmi dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, gunakan masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan pakai sabun. 

#SantunAmanahNyamanDamaiIndahNrimanGemahRipahrOgolanjiWO



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus