30 Juni 2020 12:03:51
Ditulis oleh DEBY AULIL ALBAB

"GISA" Pelayanan Dokumen Kependudukan Online

Sandingrowo - (www.sandingrowo-soko-desa.id) Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

GISA di-launching pada bulan maret yang lalu oleh Menteri Dalam Negeri Thajo Kumolo bersama Dirjen Dukcapil, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, dan disaksikan oleh lebih dari 1.600 pejabat yang membidangi administrasi kependudukan dari provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia. Sebagai misi dari GISA antara lain adalah membangun kesadaran-kesadaran yang diindikasikan melalui 4 hal.

Yang pertama, kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan. Masyarakat diharapkan berperan aktif secara sadar mengurus dokumen kependudukannya sejak dini untuk mempermudah akses pelayanan publik.

Lalu jenis kesadaran kedua ialah kesadaran akan pentingnya pemanfaatan data kependudukan.

Kesadaran yang ketiga ialah tentang pentingnya pemutakhiran data kependudukan. Pemutakhiran database kependudukan pada dasarnya dilakukan dari hasil pelayanan reguler melalui pelaporan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, yaitu dari hasil pelaporan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh setiap penduduk di seluruh Kabupate/Kota.

Kesadaran yang keempat berkaitan dengan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat. 

Hal inilah yang melecut semangat pihak pemerintah desa sandingrowo dalam upaya pelayanan publik khususnya administrasi kependudukan yang berbasis Online dan terintegritas.

Contoh sederhana, setiap ada perubahan biodata dalam dokumen kependudukan untuk segera dilaporkan dan diajukan perubahan di tingkat desa.

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus